Pada tanggal 23 Mei 2008, operator asuransi seharusnya menerima NPI hanya untuk semua klaim kertas & elektronik. Anda tidak hanya diharuskan untuk memasukkan nomor NPI, tetapi Anda juga diharuskan untuk MENGECUALIKAN nomor lama. Beberapa perusahaan asuransi tidak siap dengan tenggat waktu dan mengajukan perpanjangan (seperti NYS Medicaid). Namun Medicare telah siap dan jika Anda mencantumkan nomor PTAN (warisan) pada klaim Anda, nomor tersebut akan ditolak.
Bagi pihak asuransi yang telah siap untuk tenggat waktu ini, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki nomor lama di area yang diarsir pada kotak 24J atau kotak 32A & 33A. Jika perangkat lunak Anda diatur untuk secara otomatis mencetak nomor lama di kotak ini, Anda harus menghapusnya. Jika Anda mengajukan klaim secara elektronik, pastikan vendor Anda telah menyiapkannya untuk mengecualikan nomor lama.
Bagi perusahaan asuransi yang belum siap dan mengajukan perpanjangan, Anda harus tetap mencantumkan nomor lama hingga mereka memenuhinya. Hal ini membuat segalanya menjadi sedikit berantakan. Anda perlu memastikan bahwa Anda mengajukan klaim yang memerlukan nomor lama dengan nomor tersebut, dan klaim yang tidak mengizinkannya, tanpa nomor tersebut. Gila, tapi itulah yang harus dilakukan orang-orang yang menagih tagihan untuk memastikan uang terus masuk.
Hal gila lainnya yang perlu dikhawatirkan adalah nomor NPI yang dimasukkan di 24J. Jika Anda terdaftar dengan Medicare sebagai penyedia perorangan (bukan grup) dan Anda hanya memiliki NPI tipe I, Anda harus mengosongkan bagian NPI pada kotak 24J. Anda tidak dapat memasukkan nomor NPI individual di sini. Jika Anda adalah penyedia perorangan dan Anda memasukkan nomor NPI Anda di 24J, Medicare dapat menolak klaim Anda.
Jika Anda merupakan satu grup dengan Medicare maka Anda harus terus memasukkan NPI individual penyedia rendering di kotak 24J dan NPI grup (tipe II) di kotak 33A. Jika Anda tidak yakin apakah Anda perorangan atau kelompok, Anda dapat mengetahuinya dari nomor PTAN Anda. Jika Anda hanya mempunyai satu nomor PTAN maka Anda adalah seorang perseorangan. Jika Anda memiliki PTAN untuk penyedia perorangan dan PTAN terpisah untuk nama praktik, maka Anda adalah grup. Tepat ketika Anda berpikir itu tidak akan menjadi lebih membingungkan!
Jika Anda ingin menjaga arus kas Anda tetap stabil, penting untuk memastikan Anda mengajukan klaim dengan benar. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi tertentu, hubungi mereka. Lebih baik melakukannya dengan benar pada kali pertama daripada harus mengirimkannya kembali!
Hak Cipta 2008 – Michele Redmond