Arsitektur Voice over Internet Protocol, atau VoIP, terdiri dari perangkat pengguna akhir, gateway, penjaga gerbang, dan jaringan IP. Perangkat lunak untuk VoIP adalah kumpulan program, aplikasi dan protokol untuk mengelola arsitektur. Pentingnya perangkat lunak VoIP digarisbawahi oleh meningkatnya permintaan akan kualitas layanan yang lebih tinggi dari konsumen. Pemrograman perangkat lunak yang efektif menghasilkan manajemen panggilan yang efektif – dalam hal perutean panggilan melalui jalur yang paling tidak padat – dan kejernihan suara.
Perangkat lunak VoIP dapat diklasifikasikan menurut fungsi berbeda dalam jaringan VoIP. Fungsionalitas ini mencakup pengelolaan antarmuka pengguna, pemrosesan panggilan, manajemen jaringan, dan penagihan. Perangkat lunak antarmuka pengguna menangani antarmuka ke pengguna telepon IP. Fitur penting dari antarmuka pengguna mencakup algoritma untuk mengompresi data suara, pembatalan gema, dan enkripsi.
Server pemrosesan panggilan dijalankan oleh perangkat lunak untuk memetakan tujuan panggilan. Perangkat lunak tersebut adalah program database yang disebut soft switch. Perangkat lunak ini menerjemahkan nomor telepon menjadi alamat IP unik setelah memeriksa validitas nomor tersebut. Ini menghubungkan dua perangkat di kedua ujungnya, setelah memperingatkan pihak yang dipanggil tentang panggilan masuk melalui sebuah cincin.
Perangkat lunak administrasi panggilan, yang disebut konsol, adalah aplikasi yang mengelola status panggilan dan distribusinya. Perangkat lunak ini menyediakan manajemen bandwidth. Beberapa protokol standar adalah protokol inisiasi sesi H.323. Untuk menjaga kualitas layanan, protokol real time (RTP) digunakan. Perangkat lunak ini juga mengelola jaringan.
Beberapa layanan berorientasi pelanggan yang dikelola oleh perangkat lunak adalah layanan penagihan. Ini termasuk layanan pra dan pasca bayar. Beberapa menyediakan layanan pesan suara yang menyatukan suara untuk email. Telepon lunak IP dikelola oleh perangkat lunak yang memungkinkan pengguna terhubung langsung dengan penyedia VoIP melalui komputer. Perangkat lunak Skype dengan cepat menangkap pasar dengan jutaan menit telepon.
Area lain di mana perangkat lunak menyediakan layanan adalah sistem pemantauan panggilan untuk kantor panggilan guna mengelola panggilan dan Integrasi Telepon Komputer untuk bisnis.
Pengembangan perangkat lunak dipercepat oleh kebutuhan untuk memecahkan berbagai masalah seperti hilangnya paket dan pengurutan paket.